Saturday, January 13, 2007

Razzan Upgrade Version

Sejak dua minggu lalu, kira2 pas razzan tepat 1,5 taon, ada perubahan yang mencengangkan pada razzan. Seluruh keluarga sampai dibuat terbengong-bengong. Razzan yang semula cuman bisa ngomong seputar: mama, papa, mik cucu, dan beberapa kata menyangkut kebutuhan pokok (bobo, minum, maem) tiba-tiba bisa mengucapkan banyak kata.
Mulanya pas ada cicak, mama iseng ajah ngajakin razzan nyanyi …
“cicak-cicak di…” eh razzan langsung nyahut “iinding”
“diam-diam me…” nyahut lagi “aayaap”
“datang seekor…” eh razzan langsung nyahut ”nyamut”
“haap…lalu…” eh nyaut lagi “antaaap”
Waah..mama dan ibu yang kebetulan ada waktu itu spontan teriak meriah…”Horeeee!!” sambil tepuk tangan. Eh razzan ikut2an “Horeeeey!!” (pronounce ‘R” nya kayak native speaker lho :P)

Nah, itu pertama kalinya mama dan ibu surprise tau kemampuan razzan. Mama kemudian isenk nyobain lagu yg lain:
“Satu-satu Razzan sayang ….Allloooh…”= lancar(*).
“Balonku ada ….Lima…”, lancar juga.
“Bangun tidur kuterus…Aandi. Tidak lupa menggosok…Djidji. Habis mandi kutolong….Mama. Membersihkan tempat tidur …Aajaaan”.
Nah lho…gara2 lagu ini, sekarang razzan jadi bisa nyebutin namanya sendiri “Ajaaan” . Subhanalloh ! Saking bisanya nyebut nama sendiri sampe2 pas lagi ditinggal mama-papanya jalan2 ke mall tetangga, si razzan tereak2 ke parkiran nyari mamanya
“Mamaaah….ini ajaaaan!” “Mamaaah….ini ajaaaan!”
berulang-ulang sambil tangannya nunjuk dada dan tengak tengok nyari mamanya. Owww….so cuuteee….!! Nggemesin banget.... ! (tentu saja kalimatnya diajarin dulu sama ibu:P)

Sejak saat itu, mama kemudian ngetest satu2 lagu yg pernah dinyaiin ke razzan, ternyata cuman dinyanyiin sekali dua kali, razzan langsung bisa ngelanjutin. Misalnya ..”Tik-tik Bunyi Ujan” “Naik Delman” “Naek ke Puncak Gunung”. Khusus lagu terahir, kalo kita tanya, yok razzan nyanyi yoook, tanpa dipandu si razzan langsung, joget-joget sambil nyanyi tanpa nada “Naeek…unuung…naek….unuuung. Ingggii….aliii….” (baca: naek-naek kepuncak gunung, tinggi-tinggi sekali :P)

Berhitung. Ini juga kita baru tau pas dipancing “Ayo razzan burungnya dihitung. Saatuuu…” (kebetulan Bapak punya banyak burung berkicau dirumah). Tiba2 razzan ngelanjutin “dua, tipat(maksutnya tiga,empat:P), ima, ujuuh, apaan, uluuuh”(nggak bisa nyebutin angka kelipatan tiga nih:P) ….Wah…langsung deh kita semua spontan tepuk tangan meriah….Subhanalloh!

Upgrade kemampuan dari Allah kali ini nggak cuma itu. Mama kemudian ngetest nunjuk benda, sambil tanya “ini namanya apa razzan?” Ternyata razzan lancar menjawab “ampuu”(lampu) ; “intuu” (pintu) ; “ipaas” (kipas angin) ; “ipiii” (tivi) ; “ambuut” (rambut) ; “akiii” (kaki) dan hampir semua bagian tubuh. Dan sekarang razzan sudah mulai ngomong pake kalimat “mamah…ebook”(mamah, cebok) “aduuh akiiitt” (aduh, sakit – kalo kejedug or jatuh). Duuh…tambah nggemesin ajaaah….!



*Maksut lancar disini nyebutin satu kata (2 suku kata) diakhir bait lagu :P.

5 comments:

.:diah:. said...

Alhamdulillah,, cihuyyyy adek Razzan dah pinter ngomong... nanti nyanyi apaan lagi dek?? nyanyi versi UJ aja yuukkk.... *Yaa Robbi Bil Mustofa........... *hehehehhh.. hanya tau depan nya doank :D

nila_aura said...

Wah Razzan pinter ya ngomongnya....ntar ajak Aura ngobrol ya...

La Petite Femme said...

wah keren..:) alhamdulillah Malik juga dah bisa ngomong2 kayak kak Razzan..kalo nyanyi belum ni..baru jogetnya..:P hehehe

aby said...

asal jangan diajarin lagu beethoven versi trio macan itu lho ya... :D

Anonymous said...

Wah, ada razzan juga dari ambonnih. Razzan Djama Tuasikal baru 2 bulan, met kenal ya kak razzan