Thursday, September 14, 2006

Trip to Palembang : Sungai Musi dan Benteng Kuta Besak




Rumah nenek buyut razzan ada di Kabupatan Musi Banyuasin, tepatnya di kota Sekayu. Serunya di rumah nenek nih, kita bisa jalan kaki ke Sungai Musi. Kalo musim kemarau, biasanya ada satu waktu pas sungainya kering, jadinya kayak di pantai. Cantik banget kalo saja gak banyak sampah disana. Razzan aja pas turun ke pasir harus ekstra hati2 karena banyak beling (pecahan kaca). Duuuh, sayang sekali.Dan kali ini kami beruntung banget bisa menikmati masa2 Musi yg berpantai. Moment ini langka banget lho, karena biasanya cuma terjadi selama seminggu selama musim kemarau (kata nenek). Terbukti memang, karena pas hari keempat, eh pasirnya udah hampir habis biss. Untung kita dah sempet puas2in maen pasir kemaren. What a glorious moment ! (mengutip kalimat bunda shafiya:)

Maen di pantai Sungai Musi

Wah, ternyata baru ketahuan kalo razzan hobi sekali main di pasir, abisnya lom pernah diajak maen ke pantai sih. Untunglah razzan sempet maen selama 3 hari di pantai Musi ini sebelum habis pantai ini di hari keempat. Razzan waktu itu terkejut banget. Udah seneng2 mo maen ke pantai, eh ternyata baru aja kemaren pantainya luas banget, eh hari ini dah hilang, tinggal sisa2 dikit di pinggir kali.

Eh, btw sungai Musi di kampung nenek razzan ini terkenal jahat lho. Tiap tahun kata kakek razzan, selalu ada korban meninggal keseret aer. Yang jadi korban biasanya pendatang. Dan denger2 katanya air sungai nggak akan naik kalau belum ada korban. Hiiii…syerrem. Gak tau bener ato salah, kakek Razzan sendiri yang mbuktiin selama puluhan taon jadi warga situ. Katanya selalu ada korban tiap taon, baru aer mulai naik. Makanya razzan waktu maen di pantai benar2 dijaga ketat sama mama-papa.


Jalan-jalan di Benteng Kuta Besak

Benteng Kuta Besak, adalah bangunan bersejarah di Palembang. Letaknya tepat disamping Jembatan Ampera. Razzan sempet foto2 dikit disini.

1 comment:

Keluarga Zulkarnain said...

Wow..serunyaa liburannya ya Razzan :)

Pingin jugak ah ke palembang :)